Langsung ke konten utama

Minuman Berisotonik Berbahaya Bagi Kesehatan

Minuman Berisotonik Berbahaya bagi kesehatan.Sobat Dharma semua kali ada info kesehatan seputar  minuman berisotonik.Hati-hatilah mengonsumsi minuman dalam kemasan,terutama minuman isotonik. Zat pengawet yang ada dalam minuman kemasan itu sangat berbahaya. Salah satunya bisa menyebabkan penyakit sistemic lupus erythematosus (SLE), penyakit yang meyerang sistem kekebalan tubuh. Komite Masyarakat Antibahan Pengawet (Kombet) pernah merilis hasil risetnya terhadap 28 minuman dalam kemasan. Paling banyak diteliti adalah minuman isotonik. ''Ternyata sebagian besar minuman dalam kemasan mengandung bahan pengawet yang membahayakan tubuh,'' kata Ketua Kombet Nova Kurniawan saat Konferensi Pers di Hotel Sari Pan Pasific, kemarin. Penelitian Kombet yang disupervisi oleh Lembaga Penelitian Pendidikan dan Penerangan (LP3ES) Jakarta dilakukan di tiga laboratorium. Yakni di Sucofindo Jakarta, M-Brio Bogor, dan Bio-Formaka Bogor. Ada dua zat pengawet yang dicari dalam minuman kemasan, yakni natrium benzoat dan kalium sorbet. Riset tersebut dilakukan 17 Oktober hingga 3 November 2006.

Hasilnya, diklasifikasikan dalam empat kategori.

Kategori pertama adalah produk yang tidak ditemukan bahan pengawet natrium benzoat dan kalium sorbat. Yakni Pocari Sweat, Vita-Zone, NU Apple EC, Jus AFI, dan Sportion.

Kategori kedua, produk yang mengandung pengawet natrium benzoat dan mencantumkannya di label kemasan. Minuman yang masuk kategori ini adalah Freezz Mix, Ize Pop, Nihau Orange Drink, Zhuka Sweat, Amazone, Kino Sweat, Arinda Sweat, Arinda Ice Coffee, Cafeta, Vzone, Pocap, Amico Sweat, Okky Jelly Drink, Deli Jus, dan Fruitsam.

Kategori ketiga, ada juga minuman yang mengandung dua pengawet, natrium benzoat dan kalium sorbat, tetapi hanya mencantumkan satu jenis pengawet. Yakni Mizone, Boy-zone, dan Zegar Isotonik.

Kategori keempat, yang paling parah adalah minuman yang mengandung pengawet, tapi tidak mencantumkannya dalam label kemasan. Minuman tersebut adalah Kopi Kap, Jolly Cool Drink, Zporto, Jungle Juice, Zestea, dan Mogu-mogu.

''Kategori ketiga dan keempat masuk dalam kategori pembohongan publik. Dirjen Pengawasan Obat dan Makanan Depkes harus bertindak tegas dan menarik produk tersebut dari pasar,'' kata Nova.

Kombet berencana melakukan class action terhadap BPOM karena mengeluarkan izin minuman berbahan pengawet yang membahayakan manusia. Produsen minuman juga melanggar Permenkes 722 Tahun 1988 tentang bahan tambahan makanan. Juga UU no 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen, serta UU No 7 Tahun 1996 tentang pangan.

''Jalur hukum sedang disusun berkasnya,'' katanya. Peneliti Lembaga Konsumen Jakarta (LKJ) Nurhasan yang ikut dalam konferensi pers kemarin mengatakan, perkembangan penyakit lupus meningkat tajam di Indonesia. ''Tahun ini saja, di RS Hasan Sadikin Bandung, sudah terdapat 350 orang yang terkena SLE (systemic lupus erythematosus) ,'' kata Nurhasan.

Penyakit tersebut merupakan peradangan menahun yang menyerang berbagai bagian tubuh, terutama kulit, sendi, darah, dan ginjal. Hal itu disebabkan adanya gangguan autoimun dalam tubuh. Sistem kekebalan tubuh seseorang yang seharusnya menjadi antibodi tidak berfungsi melindungi, tapi justru sebaliknya, menggerogoti tubuh sendiri. Gejalanya, kulit membengkak, kencing berdarah atau berbuih, gatal-gatal, dan sebagainya.

''Penyakit ini menyebabkan kematian dan belum ada obatnya,'' kata Nurhasan. Penyakit lain yang disebabkan bahan pengawet minuman dalam kemasan adalah kanker. ''Karena itu, produsen minuman kemasan sebaiknya memerhatikan hak konsumen untuk sehat. Caranya dengan memperpendek masa kedaluwarsa atau menghilangkan sama sekali bahan pengawet dalam minuman dalam kemasan,'' kata Nurhasan.
Ok sobat,info kesehatan semoga bermnafaat.Salam sehat.
Sumber:
http://syafei-info-kesehatan.blogspot.com/2007/01/waspada-isotonik-sebabkan-lupus.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jasa Ekspedisi Import Dari China Indonesia Aman Dan Terpercaya

Anda baru saja membeli barang dari china dan ingin kirim barang ke Indonesia tapi belum menemukan jasa ekspedisi import dari china ke indonesia yang aman? Jangan khawatir karena semua itu solusinya ada di PT. Infiniti International Logistik tempatnya jasa ekspedisi import borongan dari china indonesia. Kami merupakan perusahaan dibidang Kepabenan bea dan cukai sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun yang berlokasi di Jakarta. Memberikan layanan eskpedisi barang yang berfokus kepada keamanan, kelancaran dan ketepatan waktu pengiriman. Sehingga perputaran barang klien kami tidak terhambat sehingga brang yang Anda kirim akan aman dan sampai dengan kondisi baik. Dalam memberikan layanan jasa ekspedisi pengiriman barang didukung dengan tenaga ahli yang berpengalaman dan profesional. Jadi Anda tak perlu khawatir lagi jika barang Anda tertukar atau yang lainnya. Selain memberikan pelayanan terbaik pastinya kami memiliki keunggulan tersendiri dalam melayani ekspedisi import barang dari ch

Grosir Celana Jeans Murah Terbaik Di Pekalongan

Grosir celana jeans murah terbaik di Pekalongan mempermudah para reseller dalam melengkapi kebutuhan pemesanan celana jeans.Kami Alferdino sudah terpercaya sebagai grosir celana jeans terbaik di pekalongan.Berbagai macam produk celana jeans baik untuk pria dan wanita tersedia di tempat kami tentunya dengan model yang fashionable.Selain itu kami melayani pemesanan celana jeans dalam partai besar seperti agen karena kami juga merupakan konveksi celana jeans terbaik di pekalongan.Jadi kini anda tidak perlu ragu dan khawatir mencari tempat kulakan untuk celana jeans yang berkualitas dan harga yang murah. Setiap produk celan jeans yang kami sediakan terbuat dari bahan yang berkualitas dan di dukung oleh tenaga profesional yang sudah ahli dan berpengalaman serta memiliki skill khusus di bidangnya serta di dukung dengan peralatan yang memadai sehingga sudah tidak di ragukanlagi kualitas produknya. Mengapa harus memsanan celana celana jeansa di Alferdino? Dalam memesan produk

Supplier Produk Kosmetik Asli Murah Aman Dan Terpercaya

Memiliki wajah yang cantik merupakan dambaan setiap wanita.Dan untuk mendapatkan kulit yang cantik dan sehat tentunya membutuhkan perawatan.Tapi mungkin Anda bingung untuk mencari produk perawatan kecantikan yang cocok untuk anda dan aman di gunakan tanpa harus khawatir akan efek samping serta ketergantungan.Nah kini Anda tidak perlu khawatir karena kini telah hadir wijaya shop yang merupakan grosir produk kecantikan yang menyediakan produk lacoco kosetik .produk ini merupakan produk kosmetik terbaik yang sudah banyak di gunakan masyarakat indonesia. Produk lacoco kosmetik ini terbuat dari bahan alami yang berkualitas sehingga sangat aman di unakan tanpa haarus khawatir akan efek samping serta ketergantungan.Berbagai macam produk lacoco kosmetik bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhaan anda. Apa saja produk lacoco kosmetik ? Adapun berbagai macam produk lacoco kosmetik mulai dari serum,masker,lipstik dan lain sebagainya bisa anda pilih.Berikut adalah produk lacoco kosmet